Foto: Pemotongan vita, Presmian indomaret.

BUPATI BELITUNG TIMUR RESMIKAN GERAI INDOMARET

BelitungTimur, Belitungterkininews.com Bupati Belitung Timur Burhanudin meresmikan gerai Indomaret di Jalan Raya Manggar – Gantung. Didampingi oleh Wabup Beltim, Khairil Anwar dan dihadiri oleh Forkopimda Beltim, Buhanudin juga melakukan peninjauan di dalam gerai tersebut.

Indomaret sendiri telah menandatangani komitmen dengan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur sebagai bentuk sinergitas antara pemerintah daerah dengan swasta. Salah satunya adalah mengakomodir tenaga kerja lokal dan produk-produk UMKM. Kemudian, melaksanakan pelatihan manajemen ritel modern kepada para pedagang lokal, melaksanakan tanggung jawab sosial (CSR), serta penyediaan area usaha (tenant) untuk masyarakat di halaman gerai Indomaret.

Berkaitan dengan hal tersebut, Burhanudin menegaskan bahwa akan memantau secara berkala komitmen yang telah diteken tersebut. “Kita terus pantau, Pihak manajemen juga berkomitmen untuk itu”. ungkap Burhanudin saat diwawancarai seusai peresmian, Senin (30/01/23).

“Masalah tenaga kerja beliau sudah berkomitmen untuk menggunakan tenaga kerja lokal, UMKM juga sudah ada. Kita berharap sinergitas antara ritel modern dengan masyarakat, dan UMKM itu bisa berlanjut dengan baik,” imbuhnya.

Menanggapi isu adanya ritel modern yang mengancam keberadaan warung-warung kecil atau toko kelontong, Burhanudin menegaskan bahwa masyarakat saat ini sudah semakin pintar dalam berbelanja. Kemudian, masyarakat juga semakin cerdas membelanjakan uangnya, di mana cenderung memilih produk yang lebih terjangkau dan ekonomis seperti yang ada di warung-warung.

“Keberadaan ritel ini kan merupakan bagian dari pertumbuhan ekonomi dan masyarakat lebih cerdas dalam menentukan. Kalau ini lebih mahal kan masyarakat bisa mencari yang lebih murah,” ujar burhanudin.

Selain itu, keberadaan toko ritel di Beltim mencerminkan bahwa daerah ini merupakan tempat yang aman dan kondusif untuk berinvestasi, di tengah ancaman resesi ekonomi global. Melalui peningkatan keberadaan investasi di daerah, tentunya akan mendorong pertumbungan ekonomi daerah secara signifikan.

“Kita mencoba menumbuhkan kepercayaan publik bahwa Belitung Timur itu daerah yang kondusif untuk berinvestasi. Biar lapangan pekerjaan tumbuh,” jelasnya.

Ia berharap keberadaan gerai ritel ini dapat berkontribusi secara positif dalam pembangunan di daerah. “Tentunya harapan kami semoga keberadaan Indomaret bisa memberikan kontribusi yang positif di Belitung Timur,” pungkasnya. (HS)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *