Foto: Kepala Kantor BPN Belitung Timur, Akhmad Syaikhu.pemasangan tanda batas tanah wilayah, 03/02/2022 ( Herman )

BPN KABUPATEN BELITUNG TIMUR GELAR GEMAPATAS DI LAPANGAN BOLA ATOM

BelitungTimur, Belitungterkininews.com Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Belitung Timur menggelar Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) di Lapangan Bola Atom, Desa Sukamandi Kecamatan Damar, Jum’at (03/02/2022).

Kepala Kantor BPN Belitung Timur, Akhmad Syaikhu mengatakan gerakan pemasangan tanda batas tanah wilayah Kabupaten Belitung Timur berjumlah seribu patok dan dipusatkan di Desa Sukamandi Kecamatan Damar.

“Jadi untuk wilayah Kabupaten Belitung Timur pemasangan tanda batas serentak di Desa Sukamandi sebanyak seribu patok bidang tanah,” ucap Syaikhu.

Pematokan tanah tersebut dikatakan Syaikhu  bertujuan untuk mencegah pencaplokan dan cekcok atau konflik antar masyarakat.

Sebab dengan kejelasan tapal batas itu, Syaikhu bilang akan mempermudah petugas BPN ketika melakukan pengukuran dan mempercepat penyelesaian kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) tahun anggaran 2023.

Akhmad Syaikhu berharap dengan adanya pemasangan tapal batas, tanah yang dimiliki masyarakat Belitung Timur mempunyai dasar hukum yang jelas.

Untuk pendataan PTSL di Kabupaten Belitung Timur, Syaikhu bilang sudah dalam tahap penyuluhan sebelum dilakukan pengumpulan data fisik dan pengukuran di Desa Sukamandi. (HS)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *