Foto : Kandang Ternak Hewan Qurban

Pemilik Kandang Ternak Hewan Qurban Di Himbau Jaga Kebersihan Kandang Dan Kesehatan Hewan, Guna Mencegah Penyebaran Virus Kulit Infeksius

Belitung,Belitungtekininews.comDokter Hewan Kabupaten Belitung Himbau kepada Peternak atau pemilik kandang ternak untuk menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan qurban. (12/06/23)

Hal itu guna menghindari dari terserang nya virus kulit infeksius pada hewan qurban yang di sebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSD).

Dokter Hewan Liza Aprianti mengatakan bahwa, saat ini banyak di Daerah luar  banyak gejala penyakit kulit Infeksius terjadi hewan qurban.

” Saat ini Daerah luar sudah ada terutama daerah Jawa, sudah ada hewan qurban yang terindikasi infeksius kulit”, Katanya.

Selain itu dirinya menyebutkan, bahwa gejala awal  penyebaran virus tersebut dikarenakan di serang oleh serangga sehingga hewan qurban Demam dan tidak nafsu makan. Dan kemudian terinfeksi.

“Gejala awal yakni terkena serangan serangga, sehingga menyebar kebagian tubuh hewan dan membentuk benjolan merah seperti cacar”, Ucap Liza.

Liza menyampaikan saat ini di Kabupaten Belitung belum ada hewan qurban yang terinfeksi virus tersebut, namun pihaknya tetap melakukan sosialisasi memberikan edukasi kepada setiap kandang-kandang Hewan qurban.

“Saat ini penyakit itu belum di temukan pada hewan qurban di Belitung, namun kami terus memberikan edukasi agar pemilik ternak dan kandang ternak agar membersihkan kandang, dan memberikan asap deakt kandang guna mencegah Virus yang menyerang”,  Ujarnya.

Sementara itu Kabid Perternakan (DKPP) Kabupaten Belitung Suparman mengatakan, saat ini belum ada gejala yang disebabkan virus (LSD) pada Hewan qurban.

“Namun kami akan upayakan memberikan disinfektan pada  setiap kandang yang ada di Belitung guna mencegah penyebaran virus tersebut, dan hewan qurban yang masuk ke Belitung sebelumnya juga sudah di booster dari pengirim”, Katanya

Dirinya juga berharap menjelang hari Raya Idul Adha nanti tidak ada kendala dan penyakit yang menyerang Hewan qurban yang di krim ke Belitung.

“Kami harap hewan qurban yang masuk ke Belitung aman semua, sehingga tidak menimbulkan rasa khawatir terhadap masyarakat untuk mengkonsumsi hewan hewan qurban tersebut”, Pungkas Suparman. (Red)


Mari Ikuti …..

Perkembangan Informasi Berita Terkini dari Media Belitungterkininews.com, informasinya selalu kami sajikan di halaman Fanpage BelitungTerkini News..

Perkembangan Informasi Lainya Kalian Bisa lihat di Instagram,Tiktok, dan Twitter Kami Jangan Lupa Follow yaaa…

Oooooh Ya…..

Kami Juga Memiliki Channel Youtube, Untuk menyajikan  Informasi Visual.


Comments

One response to “Pemilik Kandang Ternak Hewan Qurban Di Himbau Jaga Kebersihan Kandang Dan Kesehatan Hewan, Guna Mencegah Penyebaran Virus Kulit Infeksius”

  1. […] BACA JUGA : Pemilik Kandang Ternak Hewan Qurban Di Himbau Jaga Kebersihan Kandang Dan Kesehatan Hewan, Guna Menc… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *