Foto : Pembukaan Belitung Expo 2023, Sabtu (01/07/23).

Belitung Expo 2023 Dibuka Secara Resmi oleh PJ Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu

Belitung, Belitungterkininews.com Acara Belitung Expo 2023 di Wisata Tanjung Pendam resmi dibuka oleh Penjabat (PJ) Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, Sabtu (01/07/23).

Kegiatan yang berlangsung selama beberapa hari ini mengangkat moto “From Belitung to The World, Akhir Besame, UMKM Bejaye,” dan akan berlangsung hingga Rabu (05/07/23) mendatang. Para finalis Manhunt Internasional Indonesia 2023 juga hadir meramaikan pembukaan ini.

Dalam sambutannya Suganda Pandapotan Pasaribu mengapresiasi kegiatan Belitung Expo 2023 tersebut. Ia juga merasa yakin dengan adanya kolaborasi antar pelaku UMKM, maka para pelaku UMKM akan berjaya.

“Kita harapkan UMKM itu satu sama lain saling mendukung dan tidak saling menjatuhkan. Tapi membangun ekosistem yang baik dan menjadi jaya,” kata Suganda Pandapotan dalam sambutannya.

Belitung Expo 2023 merupakan rangkaian dari Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-185. Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung menjadi penyelenggara kegiatan ini.

Kepala Dinas KUKMPTK Belitung Syamsuddin mengatakan, Belitung Expo dalam rangka memperingati HJKT ke-185 juga bertepatan dengan Event Internasional Asean Blue Economy Forum.

Menurut Syamsuddin, tujuan kegiatan ini untuk meng-upgrade UMKM secara legalitas. Sehingga pelaku UMKM mengantongi berbagai perizinan dan sertifikat pendukung seperti sertifikat halal dan HAKI atau sertifikat hak paten untuk pengerajin.

Peserta Belitung Expo 2023 ini mencapai 132 UMKM yang terbagi dalam beberapa zona. Sembilan OPD di lingkungan Pemkab Belitung, Pupuk Kujang (2 stan), BUMN (Imigrasi, PLN, Bank Sumsel Babel) (3 stan) juga mengikuti pameran ini.

Zona tersebut terdiri dari Zona Kemandaian (12 stan), Zona UMKM Naik Kelas (17 stan), Zona Resto (6 stan), Zona Ngupi (10 stan), Zona Untip Untipan (25 stan), Zona Minuman Viral (12 stan), Zona Makanan Berat (35 stan) dan Zona Penggemar Bonsai.

Berbagai kegiatan menarik juga meramaikan pelaksanaan Belitung Expo 2023. Antara lain tarian tradisional dan musik daerah, hiburan organ tunggal, hiburan musik akustik, senam gembira bersama UMKM dan artis ibukota.

“Adapun acara kegiatan ini didukung Honda Motor, Bank Sumsel Babel, Bank BRI, JNE, Munhunt Internasional dan Teras Belakang Caffe,” pungkas Syamsuddin.(Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *