Banjir Melanda 4 Kelurahan di Tanjung Pandan, BPBD Belitung Lakukan Evakuasi

Belitung, Belitungterkininews.comBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat bahwa empat kelurahan di daerah tersebut saat ini terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda pada siang hari.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi, menyampaikan, “Berdasarkan data yang kami himpun di lapangan, sebanyak empat kelurahan di Tanjung Pandan terendam banjir akibat hujan intensitas lebat yang turun siang tadi.”

Keempat kelurahan yang terdampak adalah Kelurahan Kota, Kelurahan Pangkalalang, Kelurahan Parit, dan Kelurahan Kampung Damai. Jumlah rumah yang terendam mencapai ratusan, dan data terus diperbarui oleh tim di lapangan.

Agus menjelaskan bahwa banjir dipicu oleh hujan lebat yang mengguyur kota Tanjung Pandan mulai pukul 13.00 WIB. Tinggi air mencapai pinggang hingga dada orang dewasa, dan kondisi air laut yang tidak surut menyebabkan genangan air meluber dan merendam pemukiman warga.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Belitung segera turun tangan dalam operasi evakuasi. Mereka memprioritaskan evakuasi untuk anak-anak, lansia, dan warga yang sakit.

Selain itu, TRC juga membantu masyarakat dalam evakuasi barang berharga dan menurunkan pompa air untuk menyedot air di rumah ibadah.

Agus Supriadi mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi banjir, khususnya pada musim penghujan.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah di drainase dan sungai untuk mencegah penyumbatan yang dapat menjadi pemicu banjir.

“Kami berharap masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, terutama dalam penanganan sampah yang dapat menjadi pemicu terjadinya peristiwa banjir,” ujarnya. (Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *