Foto: Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana, A.Md. IP, SH, MM Bersama Dandim 0414 Belitung Letkol (Inf) Hairil Achmad.

DETEKSI DINI GANGGUAN KAMTIB LAPAS PERKUAT SINERGITAS BERSAMA KODIM 0414 BELITUNG.

Belitung, Belitungterkininews.com- Dalam rangka meningkatkan rasa aman dan kondusif di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan mengunjungi Makodim 0414 Belitung Rabu (25/01/23). Kunjungan tersebut juga dimaksudkan sebagai silaturahmi antar pimpinan instansi di Kabupaten Belitung. Tiba di Makodim, Kalapas diterima dengan hangat oleh Dandim 0414 Belitung dan kegiatan silaturahmi berlanjut di Ruang kerja Dandim.

Dandim 0414 Belitung Letkol (Inf) Hairil Achmad menjelaskan kepada Kalapas terkait kondusifitas Kamtibmas Belitung. Dandim menyampaikan bahwa kondisi Pulau Belitung dengan kondisi alam yang sangat indah menjadi daya Tarik kunjungan wisatawan. Selkain itu Belitung juga kaya dengan mineral tambang timah, namun demikian keamanan di Pulau Belitung sangat kondusif, bahkan hingga saat ini tidak pernah terdengar konflik Suku Ras dan Agama, ujar Dandim

Terpisah Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Mahendra Sulaksana, A.Md. IP, SH, MM kepada Media menyampaikan terimakasih telah diterima untuk menjalin silaturahmi dan koordinasi. Mahendra menjelaskan bahwa kunjungan ini sekaligus mewujudkan prinsip dasar pemasyarakatan yakni 3+1, (Deteksi dini, Berantas Narkoba, Jalin Sinergitas dengan APH) + (Back to Basic). Sebenarnya kerjsama dengan Kodim 0414 Belitung ini sudah terjalin dan terikat melalui MoU, ini merupakan silaturahmi dan penguatan saja untuk kelanjutan dari kerjasama yang telah terjalin sangat baik selama ini. Kerjasama yang terjalin selama ini jajaran Kodim turut dalam kegiatan Penggeledahan Blok Hunian, Pengamanan Test Urine WBP, pertukaran informasi keamanan dan intelejen serta Sambang Patroli ke Lapas Kelas Kelas IIB Tanjungpandan.

Kalapas menekankan ini merupakan komitmen yang nyata dari kami jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan untuk mencegah adanya gangguan keamanan dan ketertiban, sekaligus memberikan rasa aman dan kondusif kepada WBP yang menjalani pembinaan di Lapas.

Dalam berbagai kegiatan, Sinergitas antara TNI, Polri dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan tetap solid dan terjaga. Komunikasi perlu di laksanakan dan di tingkatkan terus, terutama terkait Unit Intelejen di Lembaga Pemasyarakatan. Dengan sinergitas ini, pertukaran informasi terkait gangguan kamtib di Lapas dapat terlaksana dengan cepat. Hal ini dalam rangka deteksi dini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.(Edis Silaban)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *