Hamza Kepala bidang DKPP Belitung

20% Petani Lada Belitung Beralih Ke Sawit.

Belitung, Belitungterkininews.com Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Belitung  Sebut Sebanyak 20 persen Petani Lada Yang beralih ke Sawit.

Hamza mengatakan dari 20 persen Petani yang beralih dari Lada Ke Sawit tersebut yakni merupakan daerah Membalong dan daerah Badau.
“Dari 20 Persen Petani Lada beralih ke Sawit karena ada beberapa dampak seperti, biaya perawatan lada lebih tinggi dan masa panen juga mempengaruhi petani beralih”, (ucap Hamza).

Selanjutnya Hamza juga menjelaskan Petani yang beralih tersebut di dominasi petani yang baru, sedangkan petani yang lama masih mempertahankan perkebunan ladanya.

Yang mana beberapa faktor lainnya seperti Harga lada saat ini dan masa panen Lada juga mempengaruhi Petani Lada beralih ke Petani Sawit.

“Ada beberapa Petani mempertahankan ladanya karena beberapa faktor yakni ongkos perawatan yang di gunakan petani sawit itu besar seperti biaya perawatan pupuk sat ini mahal dan juga memakan lahan yang luas”, ucap (Hamza).

Hamza menambahkan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada petani agar tetap mempertahankan perkebunan Ladanya dan tidak beralih ke Sawit, karena Lada Belitung termasuk Lada terbaik dan menjadi bahan rempah-rempah Internasional. (Kdr)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *