Foto: pemantauan Rukyatul hilal Di Tanjung pendam 22/03/23.

Pemantauan Rukyatul hilal Ramadhan 1444 Hijriah Di Belitung Terhalang Cuaca Buruk

Belitung, BelitungTerkiniNews.com- Pemantauan Rukyatul hilal atau anak bulan 1 Ramadhan 1444 Hijriah di kawasan pantai wisata Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhalang awan mendung.22/03/23.

Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Drs H Masdar Nawawi, M.M  Mengatakan, perukyat tidak bisa melihat anak bulan atau hilal 1 Ramadhan 1444 Hijriah karena faktor cuaca buruk.

“barusan kami melakukan pemantauan rukyatul hilal namun terhalang awan mendung sehingga tidak terlihat”, Kata Masdar Nawawi.

Dirinya menjelaskan, kawasan wisata pantai Tanjung Pendam menjadi salah satu lokasi pemantauan hilal dari sebanyak 106 titik lokasi pemantauan hilal di Indonesia guna menentukan 1 Ramadhan 1444 Hijriah.

“akibat faktor cuaca buruk, di Pantai Wisata Tanjung Pendam hilal tidak bisa teramati dengan sempurna dari lokasi tersebut karena terhalang awan mendung”, Ucap Masdar

Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung Masdar Nawawi, juga mengimbau masyarakat untuk penetapan 1 Ramadhan 1444 Hijriah. menantikan hasil keputusan sidang isbat dari pemerintah.

“Sejumlah daerah lain dilaporkan hilal sudah terlihat apabila sudah di atas dua derajat dan seterusnya berarti besok kita suha mulai menjalankan ibadah puasa,” Ujar Masdar.

Masdar Nawawi menyampaikan, meskipun hilal tidak terlihat dari titik pantauan kawasan wisata pantai Tanjung Pendam, pihaknya tetap melaporkan hasil itu kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kami tetap melaporkan hasil pemantauan Rukyatul Hilal hari ini ke kantor wilayah apapun hasil pantauan yang telah dilakukan”, Ucapnya. (Red)


Comments

One response to “Pemantauan Rukyatul hilal Ramadhan 1444 Hijriah Di Belitung Terhalang Cuaca Buruk”

  1. […] Belitung, BelitungTerkiniNews.com- Bupati Belitung H. Sahani Saleh menghadiri Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Belitung di Mushola Almukhorobinna, Desa Petaling, Kecamatan Selat Nasik, Sabtu, sore (25/03/2023). […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *