Foto: Deklarasi ODF Desa Bantan.06/03/23.

Selesaikan 30 kepala keluarga yang belum mendapatkan akses jamban, Desa Bantan Gelar Deklarasi Desa Bebas dari Perilaku Buang Air Besar sembarangan

Belitung, Belitungterkininews.com- Pemerintahan Desa Bantan Kecamatan Membalong gelar Deklarasi Desa Bebas dari Perilaku Buang Air Besar sembarangan atau Desa Open Defecation Free (ODF) kepada masyarakat. (06/04/23).

Acara yang berlangsung di ruang serbaguna Desa Bantan tersebut, Suhandi selaku Kepala Desa Bantan dalam sambutannya menyebutkan bahwa, pihaknya berhasil menyelesaikan sisa 30 kepala keluarga yang belum mendapatkan akses jamban.

“Alhamdulillah tahun ini bisa kami selesaikan semua dan menjadi Desa ODF ke-7 dari 12 Desa di Kecamatan Membalong”,Ucapnya.

Selanjutnya Suhandi juga menyampaikan dalam pencapaian itu, tidak lepas dari kerjasama semua pihak, baik RT dan Kadus yang turun langsung menyumbangkan tenaga agar warganya mendapatkan akses jamban.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas dukungan dan bantuan atas deklarasi ODF Desa Bantan Ini”, Ujarnya.

Setelah selesai sambutan Kades Bantan mendeklarasikan ODF bersama RT yang ada di desa Bantan dan penandatanganan komitmen bersama sebagai Desa yang Bebas dari Perilaku Buang Air Besar Sembarangan atau Open Decefication Free (ODF).

Sementara Itu, Bupati Belitung Sahani Saleh juga menyampaikan, Deklarasi ODF ini sangat penting bagi perkembangan kesehatan masyarakat, dan juga menjadi salah satu indikator penilaian terhadap suatu Desa.

” ODF ini juga berkaitan erat dengan penanganan Stunting yang menjadi salah satu program nasional”, Ujar Sahani Saleh.

Pria yang Kerap di sapa Sanem juga sangat mengapresiasikan pihak pemerintah desa dan perangkat desa Bantan yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Desanya sebagai Desa yang semua warga sudah memiliki akses terhadap fasilitas buang air besar.

“Saya mengapresiasi kerja keras pemerintah Desa Bantan, dan berharap dengan ODF ini juga merubah perilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat ” Ungkapnya. ( Jyr )


Comments

One response to “Selesaikan 30 kepala keluarga yang belum mendapatkan akses jamban, Desa Bantan Gelar Deklarasi Desa Bebas dari Perilaku Buang Air Besar sembarangan”

  1. […] Belitung, Belitungterkininews.com- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung sosialisasikan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) kepada Kepala Desa se-Kecamatan Membalong. (05/04/23). […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *