Foto: Kemenag melakukan Pemantauan Hilal di Tanjung Pendam

Pemantauan Hilal Di Pantai Wisata Tanjung Pendam Tidak Terlihat, Hasil Sidang Isbad Jatuh Pada Hari Sabtu Besok

Belitung, Belitungterkininews.com Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, memantau Hilal satu Syawal 1444 Hijriah di Pantai wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung, (20/04/23).

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung Masdar Nawawi mengatakan, pada saat pelaksanaan pemantauan Hilal tidak terlihat dari titik pemantauan tersebut.

Rukyatul Hilal atau pengamatan anak bulan dari pantai Tanjung Pendam, hilal belum  belum terlihat, baru satu derajat,” katanya

Lanjut dirinya menyebutkan, Kawasan wisata pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu dari 124 lokasi titik pemantauan hilal 1 Syawal 1444 Hijriah yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Hilal tersebut tidak terlihat bukan karena faktor cuaca buruk melainkan memang belum nampak atau tidak terlihat”, Ucap Masdar Nawawi.

Masdar Nawawi juga menyampaikan bahwa, hasil pemantauan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1444 Hijriah, di pantai wisata Tanjung Pendam tetap dilaporkan ke Pemerintah Pusat melalui Kantor Wilayah Kementerian Agam Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pantauan kami Hilal belum terlihat, dan kami tetap melaporkan kegiatan itu ke pemerintah, terkait hasil pantauan di pantai wisata Tanjung Pendam”, Ujarnya.

Untuk menantikan lebaran Idul Fitri Tahun 1444 Hijriah, masyarakat di Himbau agar menunggu hasil sidang isbat pemerintah, dan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Apabila ada perbedaan terkait penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah diharapkan masyarakat dapat saling menghormati, jika nanti terjadi perbedaan, karena perbedaan itu selalu terbuka sebab metode atau caranya juga beda ada hisab dan rukyat,” Ujarnya.

Sementara itu Berdasarkan Sidang Isbad Yang di Pimpin Oleh Kepala Kemenag RI Yaqut Cholil Qoumas, bahwa 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada tanggal 22 April tahun 2023.

” Berdasarkan hasil dari pemantauan hilal dan beberapa pertimbangan, Satu Syawal Jatuh pada Hari Sabtu, jadi Hari Raya Idul Fitri Pada Besok hari”, Pungkasnya. (Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *