Foto : KPU Kabupaten Belitung saat memberikan Bimtek

KPU Kabupaten Belitung Berikan BIMTEK Cara Pengajuan Balon DPRD, Pendaftaran dimulai Balon tanggal 1  Hingga 14 Mei 2023

Belitung,Belitungterkininews.com Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, menggelar Bimbingan Teknis (BIMTEK) tata cara pengajuan bakal calon DPRD, dan penggunaan sistem informasi calon pada 19 April Lalu. (21/04/223).

kegiatan tersebut diikut ole 18 perwakilan partai politik, menjelang pendaftaran Bakal calon( DPRD) kabupaten kota yang dimulai tanggal 1 hingga 14 Mei  2023 mendatang.

Divisi Teknis Penyelenggara, Komisioner KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar mengatakan, bimtek terhadap Parpol kami lakukan pada batas akhir tanggal 24 April 2023. 25 April pengumuman Pendaftaran, dan untuk pendaftaran Bakal Calon  di buka pada 1 Mei 2023 nanti.

“Persyaratan dalam pengajuan bakal calon DPRD kabupaten kota sesuai dengan (PKPU) Nomor 10 Tahun 2023, Di antaranya usia minimal 21 tahun, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, keterangan pengadilan dan syarat administrasi lainnya”, Katanya

Lanjut dirinya juga menyebutkan, bagi Parpol  yang mengajukan nama-nama bakal calon maksimal 100 persen dari setiap dapil.Jika belum terpenuhi, sebelum penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), bisa melakukan pengajuan ke ketua umum masing-masing yang menyatakan proses pengajuannya belum selesai.

“Pengajuan tersebut, tetap harus ada alasan tertentu, misalnya, ada balon yang belum mundur dari jabatan ASN, TNI Polri, BUMN itu masih bisa ditunggu sebelum proses DCT,” Ucap Aris.

Selain itu, Aris juga menyampaikan, bahwa  dari pengajuan nama bakal calon di setiap dapil harus mewakili keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

Pages: 1 2


Comments

One response to “KPU Kabupaten Belitung Berikan BIMTEK Cara Pengajuan Balon DPRD, Pendaftaran dimulai Balon tanggal 1  Hingga 14 Mei 2023”

  1. […] Belitung, Belitungterkininews.com– Beberapa perwakilan  Partai Politik di Kabupaten Belitung Keluhkan pembuatan (SKCK), sebagai syarat pendaftaran Bakal calon legislatif  DPRD Provinsi Bangka Belitung harus dari Polda Babel.(26/04/23). […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *