KPU Kabupaten Belitung Sosialisasikan Alokasi  Kursi Dan Dapil Anggota (DPRD),

KPU Kabupaten Belitung Menyampaikan Pemberlakuan 30% Keterwakilan Perempuan, Perubahan Itu Berdasarkan Perubahan PKPU RI Nomor 10 Tahun 2023

Belitung, Belitungterkininews.com KPU Kabupaten Belitung Kembali menyampaikan, pemberlakuan kembali 30% keterwakilan perempuan pada Calon Anggota DPRD Kabupaten Kota. (12/05/23).

Perubahan keterwakilan perempuan 30% itu seusai Dengan Perubahan (PKPU) RI Nomor 10 Tahun 2023.

Divisi Teknis Komisioner KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar mengatakan, Ada perubahan kata prose Devisa dari angka 2,4 turun kebawah sekarang tidak ada lagi, Dan semuanya dibulatkan hitungan keatas.

“Maka dari itu pada Dapil 1 Kabupaten Belitung ada 8 Kursi, maka keterwakilan perempuan pada Dapil ini harus 30%, minimal Harus 3 orang, kembali ke aturan lama, Tapi PKPU Nomor Tahun 2010 Itu akan di Revisi kembali oleh KPU RI, sebagai turunan kepada KPU Kabupaten Kota, untuk sebagai dasar hukum untuk melakukan Proses tersebut”, Katanya.

BACA JUGA : Sebanyak 5 Partai Pada Hari Ini Mengajukan Pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten Belitung, 2 Dari 5 Partai Berkasnya Dikembalikan

Dirinya mengungkapkan untuk Partai Politik yang sudah mengajukan Bakal Calon Legislatif Dengan keterwakilan perempuan 2 orang, seperti (PKS), (HANURA). Maka Selesai Penerimaan Bakal Calon Legislatif, nanti ada Proses perbaikan, dengan melalui proses verifikasi administrasi pada tanggal 15 Mei Sampai Tanggal 26 Juni.

“Dan pada tanggal 26 Juni – 9 Juli pihaknya Melakukan verifikasi perbaikan berkas, untuk Dapil Satu komposisi 8 orang, keterwakilan perempuan 3 orang terdiri dari beberapa Partai, dan pada tanggal 26 Juni – 9 Juli akan menunggu berkas pengajuan untuk perubahan keterwakilan perempuan 30% Pada Dapil Satu. Ungkap Aris.

Rezeki Aris Munazar menambahkan, untuk Partai Politik yang memiliki 6 Bakal Calon Legislatif, kemabli kepada kebijakan Partai Politik Itu sendiri.

“Untuk pengurangan dari 6 orang menjadi 5 orang perwakilan laki-laki Pada Dapil Satu, kembali pada pembahasan partai masing-masing untuk menambahkan kuota Keterwakilan 3 orang perempuan”, Pungkasnya. (Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *