Foto : Pembukaan Pelatihan Beregu air Basaranas

Basarnas Buka Pelatihan Beregu Air, Kegiatan Itu Untuk Meningkatkan Profesionalisme Penyelamatan

Belitung Timur, Belitungterkininews.com Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pangkalpinang, hari ini kamis 25 mei 2023 resmi membuka latihan beregu air, di Kabupaten Belitung. (25/05/23).

Kegiatan tersebut, mengusung tema melalui latihan  Pertolongan Pangkalpinang sebagai upaya peningkatan Profesionalisme, Kapasitas, dan kemampuan tim penolong dalam bidang pertolongan di perairan.

Rescuer Basarnas memainkan peran yang krusial dalam penyelamatan nyawa dan menangani keadaan darurat yang terjadi di sekitar perairan.

“Latihan beregu air ini dirancang secara khusus, oleh  Basarnas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi Rescuer Basarnas dalam menghadapi tantangan dalam misi penyelamatan di air”, Kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa.

BACA JUGA : Tragedi Pengeroyokan: Warga Dusun Kepayang ini Berakhir Meninggal Dunia

Acara tersebut resmi di buka pada pukul 08:26 WIB oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Bapak I Made Oka Astawa di Aula Kantor Pos SAR Belitung.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I made Oka Astawa mengungkapkan, Latihan SAR beregu ini dilaksanakan dalam bentuk teori kelas dan simulasi berdasarkan skenario serta menggunakan Standart Operataion Procedure (SOP) dalam semua tahapan SAR stages.

“Adapun materi latihan, yakni metode keselamatan di air,penggunaan Aqua eye & USD , medical first responder (MFR),dan Management Posko, dengan jumlah peserta 15 orang pengarah 1 orang, wasdal 4 orang dan panitia 2 orang”, Ujarnya. (Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *