Foto : Basarnas Evakuasi Korban

Basarnas Evakuasi Korban Bagan Pancang Roboh Di Terjang Hujan Badai, Evakuasi itu Merupakan SAR Exercise

Belitung Timur, Belitungterkininews.comBasarnas Evakuasi Korban Bagan Pancang Roboh Saat di terjang Hujan Badai Di Perairan Pulau Buku Limau, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur, Yang mana Evakuasi Korban merupakan Giat SAR Exercise. (27/05/23)

Pada Sabtu 27 Mei 2023 pukul 07:00 WIB, Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi bahwa telah terjadi Kondisi Membahayakan Manusia terhadap orang jatuh dari bagan, Yang mana Informasi tersebut diterima oleh Bapak Laode selaku pemilik bagan melalui telpon ke Pos SAR Belitung.

Berdasarkan informasi yg di rangkum oleh Petugas Command Center Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang Pada 27 Mei 2023 pukul 04:30 WIB Dini Hari.

Pada Saat kejadian diatas bagan terdapat dua orang anak buahnya yang hilang tidak tahu dimana keberadaanya, mengetahui kondisi tersebut Bapak Laode melakukan pencarian di sekitar bagan namun tidak menemukan 2 anak buahnya.

Mendapatkan info tersebut Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang membuka Operasi SAR Gabungan dan memberangkatkan 1 tim rescue menuju lokasi tersebut.

“Korban pertama atas nama mamat berumur 38 Tahun,  ditemukan pada pukul 08:58 WIB pada koordinat 2°44’19.65″S 108°14’53.02″T dalam kondisi selamat dan di evakuasi ke puskesmas mangkubang.

Dan Korban kedua atas nama Musa 43 tahun, ditemukan dengan memggunakan Aqua Eye kemudian dan dilakukan penyelaman di bawah bagan selama 1 jam dengan kedalaman 7 meter pada pukul 08:58 WIB dalam kondisi meninggal dunia pada koordinat 2°44’12.8″S 108°15’25.33″T. Dan langsung di evakuasi ke puskesmas Mangkubang”, Ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa, dalam Kegiatan SAR Exercise.

Selanjutnya Dirinya menyebutkan, itulah rangkaian kegiatan SAR Exercise latihan beregu air Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang tahun 2023 di belitung timur, yang di ikuti oleh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.

“Kegiatan itu berlangsung dari tanggal 25-27 diikuti oleh Pos SAR Belitung dan Unit Siaga SAR Tanjung Pandan”, Ucap I Made Oka Astawa.

I Made Oka Astawa Manambahkan,Kegiatan SAR Exercise mengusung tema melalui latihan  Pertolongan Pangkalpinang sebagai upaya peningkatan Profesionalisme, Kapasitas, dan kemampuan tim penolong dalam bidang pertolongan di perairan.

“Latihan beregu air ini dirancang secara khusus, oleh  Basarnas untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi Rescuer Basarnas dalam menghadapi tantangan dalam misi penyelamatan di air”, Pungkas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa. (Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *