Foto : Basarnas Apel Siaga SAR di Halaman Kantor Pangkal Pinang

Basarnas Menggelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran 1444 Hijriah,  difokuskan Pelayanan Keselamatan Pemudik

Pangkalpinang,Belitungterkininew.com- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran 1444 Hijriah di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang. 13/04/23.

menggelar Apel Siaga SAR tersebut, dilaksanakan secara serentak  oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) di seluruh indonesia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang I Made Oka Astawa mengatakan, apel itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan khususnya bagi pemudik,Jelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, dan  diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik yang masif, terutama di jalur penyebrangan Muntok – Palembang.

” Apel tersebut  dalam siaga SAR  di penyeberangan mentok- Palembang, Hal itu terjadi mengingat tradisi masyarakat Bangka – Belitung melakukan mudik untuk menemui keluarga yang ada di kampung halaman”, Katanya.

Lanjut I Made Oka Astawa menyebutkan, Dalam Siaga SAR khusus Basarnas tahun ini lebih fokus untuk mengoptimalkan pelayanan keselamatan kepada masyarakat yang melakukan mudik melalu jalur air atau laut.

“tahun ini lebih fokus untuk mengoptimalkan pelayanan keselamatan kepada masyarakat yang mudik jalur laut”, Ucapnya.

Selain itu dalam siaga SAR, Basarnas akan Menempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi startegis di pelabuhan-pelabuhan penyeberangan, dan bekerja sama dengan otoritas pelabuhan aktif mensosialisasikan dan memonitor keselamatan penumpang kapal. dan Ingatkan apabila terjadi overload muatan dan cek ketersediaan dan kecukupan pelampung di kapal.

“Mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, khususnya di ruas jalan tol, sebagai upaya deteksi dini jika terjadi kedaruratan luar biasa menimpa pemudik yang rentan    keselamatannya terjebak dalam kemacetan ekstrim, seperti ibu hamil, orang lanjut usia, anak-anak, dan pemudik yang sakit.

Laksanakan evakuasi udara jika perlu dan melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi pariwisata/keramaian, terutama wisata bahari/air. Pastikan papan”, Pungkas I Made Oka Astawa.

I Made Oka Astawa menambahkan, Siaga SAR arus mudik idul Fitri 1444 Hijriah,  nantinya juga akan ada tim yang ditempatkan di bandar udara, terminal bus, serta pemantauan daerah wisata berpotensi bahaya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dalam siaga SAR diharapkan kepada petugas Siaga SAR Khusus Lebaran idul Fitri nanti agar tetap semangat, menjaga Profesionalisme, dan menunaikan kewajiban dengan penuh tanggung jawab”,  Jelasnya. ( Red)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *