Pandapotan Pasaribu sebut Forum Kedukunan Adat Belitong saat maras taun

PJ Gubernur Bangka Belitung Sebut Forum Kedukunan Adat Belitong (FKAB) menjadi garda terdepan, Saat Hadiri Maras Tahun Di Kecamatan Membalong

Belitung,Belitungterkininews.comPenjabat (PJ) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu menyebutkan bahwa, Forum Kedukunan Adat Belitong (FKAB) menjadi garda terdepan, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Belitong (Belitung dan Belitung Timur) sehingga tercipta kerukunan. (01/05/23).

Dirinya berharap yaitu hidup dengan kerukunan dan guyub, Forum ini tentunya menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing. Terlebih sebentar lagi kita akan memasuki pesta demokrasi.

Harapan itu diungkapkan Pj Gubernur Suganda saat bersama Pj Ketua TP PKK Babel, Maya Suganda Pasaribu menghadiri acara adat Maras Taun dan Halal Bihalal di Dusun Ulim, Desa Lassar, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Minggu (30/4/23)”, Harap Suganda Pandapotan Pasaribu.

Lanjut Suganda Pandapotan Pasaribu juga menyebutkan, Acara Maras Taun sudah turun-temurun dilaksanakan sebagai salah satu kearifan lokal yang telah diakui sebagai Geo Culture dan Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO ini sendiri dipusatkan di kediaman Ketua (FKAB) Mukti (Maharip).

“Berharap agar Kegiatan Maras Taun dan Halal Bihalal yang dipelopori oleh (FKAB) dan sebagai wujud kearifan lokal masyarakat ini, harus dijaga dan dilestarikan, dan dunia sudah mengakuinya, kalau dunia saja mengakuinya mengapa kita tidak mau mengakui dan menjaganya,” Ucapnya.

Tidak hanya itu dirinya juga mengungkapkan, kegiatan tersebut  merupakan bukti bahwa Indonesia sebagai negara yang besar, dan Belitong sebagai potret kecil kebhinekaan yang ada di Indonesia.

“Belitong adalah potret kecil dari kebhinekaan di Indonesia. Memiliki keanekaragaman suku, agama, budaya dan politik bisa duduk bersama membangun Bangka Belitung yang luar biasa dan modern,” Ujarnya.

Suganda Pandapotan Pasaribu menambahkan, 30 hari berlangsung masa kepimpinannya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dirinya menyatakan bahwa Pulau Belitong menjadi magnet tersendiri baginya. Dirinya merasa betah dan bisa tidur nyenyak bila berada di Pulau Belitong ini.

Pages: 1 2


Comments

One response to “PJ Gubernur Bangka Belitung Sebut Forum Kedukunan Adat Belitong (FKAB) menjadi garda terdepan, Saat Hadiri Maras Tahun Di Kecamatan Membalong”

  1. […] Baca Juga : PJ Gubernur Bangka Belitung Sebut Forum Kedukunan Adat Belitong (FKAB) menjadi garda terdepan, Saat … […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *