Foto : Rezeki Aris Munazar KPU Kabupaten Belitung

KPU Kabupaten Belitung Mulai Verifikasi Administrasi Berkas Bacaleg DPRD Kabupaten Belitung untuk Pemilu 2024

Belitung,Belitungterkininews.com Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung ( KPU) mulai melakukan Verifikasi administrasi terhadap berkas Pengajuan  Bakal Calon legislatif  Anggota DPRD Kabupaten Belitung pada malam ini, untuk tahapan pemilu tahun 2024. (24/05/23).

Adapun yang menjadi Poin Penting dalam Verifikasi Administrasi tersebut yakni seperti Kelengkapan Ijazah Terakhir  dan legalisir Ijazah setiap Bacaleg, apabila menjadi keraguan, nantinya, KPU Kabupaten Belitung akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan terhadap pemberkasan itu, apa benar setiap Calon tersebut berpendidikan di sekolah atau sebagai mahasiswa di Universitas sesuai dengan Dengan pemberkasan Ijazah yang di ajukan.

Yang kedua terkait berkas pengunduran diri, misalnya ada berapa orang pada Parpol yang berstatus sebagai pegawai BUMN, BUMD, atau yang dibebankan dari Keuangan Negara. itu yang akan dilakukan pengecekan pemberkasan dari 386 Caleg Dari 17 Partai Politik.

Dan terkait mantan narapidana, nanti juga akan dilakukan  terhadap pemberkasan para Bacaleg, apa  pemberkasan  sudah sesuai dengan melalui Silon.

Pada Proses Verifikasi Administrasi, pihak KPU  akan menyurati pihak bawaslu, untuk sama-sama melakukan  proses verifikasi administrasi pemberkasan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Belitung”, Ujar Divisi Teknis Komisioner KPU Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar.

Aris menyebutkan, Proses Verifikasi Administrasi pemberkasan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Belitung tersebut, Berlangsung Sejak tanggal 15 Mei Hingga 23 Juni Tahun 2023 mendatang.

“Nanti  kami  juga akan menyampaikan kepada Partai Politik Sebelum berakhirnya masa Verifikasi Administrasi, apabila ada yang pemberkasan yang kurang pada saat mengisi ke aplikasi Silon pada tanggal 1-14 Mei  kemarin, nanti  kmi akan coba Berkoordinasi dengan Parpol, jika  ada berkas-berkas yang kurang saat melakukan pengajuan”, Jelasnya.

Lanjut dirinya menyampaikan bahwa nanti setelah tahapan Verifikasi Administrasi, apabila ada yang belum lengkap nanti akan di lakukan perbaikan dan akan diinformasikan ke Partai Politik.

Pages: 1 2


Comments

One response to “KPU Kabupaten Belitung Mulai Verifikasi Administrasi Berkas Bacaleg DPRD Kabupaten Belitung untuk Pemilu 2024”

  1. […] BACA JUGA : KPU Kabupaten Belitung Mulai Verifikasi Administrasi Berkas Bacaleg DPRD Kabupaten Belitung untuk Pe… […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *