Foto : Upacara persembahyangan Melasti ,menyambut Hari Raya Nyepi

Umat Hindu Di Dusun Balitung Peringati Melasti Sambut Hari Raya Nyepi

Belitung, Belitungterkininews.Com Umat Hindu di Dusun Balitung, Desa Pelepak Putih, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, menggelar Upacara Melasti guna menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 yang jatuh pada hari Rabu 22 Maret 2023. 19/03/23.

Pinandita Ida Bagus Putu Anom mengatakan Upacara persembahyangan Melasti dipimpin olehnya sendiri dan diikuti oleh umat Hindu yang berada di daerah itu.

“Persembahyangan Melasti bertujuan untuk meningkatkan Sradha dan Bhakti kepada para Dewata manifestasi Tuhan Yang Maha Esa.

“Upacara persembahyangan Melasti juga bertujuan menghanyutkan penderitaan masyarakat, menghilangkan “Papa Klesa” dan mencegah kerusakan alam,” Kata Pinandita Ida Bagus Putu Anom.

Selanjutnya Pinandita Ida Bagus Putu Anom menyebutkan, tujuan Melasti ini tertuang dalam Lontar Sundarigama dan Sanghyang Aji Swamandala yang dirumuskan dalam Bahasa Jawa Kuno.

“Salah satu tujuan Melasti adalah membersihkan lahir batin manusia (Bhuana Alit) dan alam (Bhuana Agung) dengan jalan menghanyutkan segala letih dengan menggunakan Tirtha Amertha (air suci)”, Ucap Ida Bagus Putu Anom.

Dirinya juga menambahkan, rangkaian kegiatan persembahyangan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 adalah Tawur Agung Kesanga pada, Selasa 21 Maret, dilanjutkan dengan pengarakan Ogoh-ogoh sore hari.

“Kemudian pada, Rabu 22 Maret, umat Hindu mulai menjalankan Catur Brata Penyepian sampai Kamis 24 Maret melaksanakan “Ngambek Geni” atau beraktivitas seperti biasa kembali”, Tandas Ida Bagus Putu Anom.

Selain itu Pinandita Ida Bagus Putu Anom juga berharap, rangkaian pelaksanaan menyambut dan puncak Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945 di daerah itu berjalan lancar dan khidmat.

“Dalam pelaksanaan persembahyangan kami mendapatkan pengamanan dari Pecalang atau pengaman adat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sehingga kegiatan berjalan dengan aman tertib dan lancar,” Harap Ida Bagus Putu Anom.(Kdr)


Comments

One response to “Umat Hindu Di Dusun Balitung Peringati Melasti Sambut Hari Raya Nyepi”

  1. […] Belitung, Belitungterkininews.Com– Menyambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Desa Adat Girijati, Dusun Balitung, Desa Pelepak Putih, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung mengarak empat ogoh-ogoh.21/03/23. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *