Ilustrasi Hari buruh atau may day & patung kebebasan

1 Mei Hari Sejarah apa saja ?

Belitungterkininews.com- 1 Mei diperingati sebagai hari buruh internasional, atau biasa di sebut May Day, Selain itu pada tanggal 1 mei juga di peringati sebagai hari peringatan pemebebasan Irian Barat.


Hari Buruh Sedunia atau May Day

peringatan Hari buruh di sepakati pada tahun 1989, Federasi Internasional dari kelompok  sosial dan serikat buruh menyepakati pada 1 mei adalah hari buruh atau May Day untuk menggalang solidaritas di semua kalangan  pekerja.

Kenapa 1 mei di tetapkan hari buruh?

Baca juga :

Tanggal 1 Mei dipilih dalam rangka mengenang tragedi haymarket riot atau kerusuhan haymarket yang terjadi di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Haymarket riot adalah tragedi kekerasan yang melibatkan polisi dan massa buruh yang tengah berunjuk rasa di Chicago pada 4 Mei 1886. Peristiwa bermula dari kerusuhan tanggal 3 Mei yang terjadi saat aksi unjuk rasa buruh perusahaan McCormick Harvesting Machine Company.


Hari Pembebasan Irian Barat

Hari Pembebasan Irian Barat diperingati pada 1 Mei disetiap tahunnya. Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, Indonesia mengklaim seluruh wilayah Hindia Belanda, termasuk wilayah barat Pulau Papua. Namun, pihak Belanda menganggap wilayah itu masih menjadi salah satu provinsi Kerajaan Belanda. Sehingga terjadilah perebutan pulau Papua antara Indonesia dan Belanda. Hingga pada 1 Mei 1963, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerahkan pemerintahan Irian Barat kepada Indonesia. Hari bersejarah itu menjadi tanda berakhirnya penjajahan Belanda di Tanah Air. Irian Barat diganti menjadi Irian Jaya, kini sudah terbagi menjadi dua provinsi yaitu Papua dan Papua Barat.


Comments

2 responses to “1 Mei Hari Sejarah apa saja ?”

  1. […] Jakarta, Belitungterkininews.com– Sahabatku Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang baik, Semoga sahabat berdua bersama keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa, Aamiin Ya Rabbal Alamin. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *