Foto : Ketua KPU Belitung Soni Kurniawan

Dua Partai Tidak Ajukan Bakal Calon Legislatif di Pemilu 2024 Kabupaten Belitung

Belitung, Belitungterkininews.comDari 18 partai politik yang terdaftar di Kabupaten Belitung, hanya 16 partai yang mengajukan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung, Soni Kurniawan.(15/05/23).

Soni Kurniawan mengatakan bahwa dua di antara 16 partai politik yang mengajukan Bacaleg tersebut tidak mengajukan pendaftaran Bacaleg untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung.

“Dua Partai yang tidak mengajukan Calon DPRD Kabupaten Belitung Tersebut yakni Partai Garuda Dengan Partai Buruh”, Katanya.

BACA JUGA : Partai Garuda Tidak Memiliki Caleg DPRD Kabupaten Belitung, Hanya Menyampaikan Berkas Sebagai Peserta Pemilu

Dirinya menyebutkan pada masa Pendaftaran Bacaleg Berlangsung Sejak tanggal 01-14 Mei, partai yang terakhir mengajukan Pendaftaran Bacaleg yakni Partai Gelora.

“Partai Gelora mengajukan Berkas pada pukul 23.25 WIB, dan secara Resmi pada pukul 23.59 WIB Pengajuan Pendaftaran Bacaleg DPRD Kabupaten Belitung  di tutup”, Katanya.

Mulai tanggal 15-23 Juni 2023, KPU bersama Bawaslu kabupaten Belitung akan melakukan Verifikasi administrasi.

” Hari ini akan dilakukan Rapat Pleno Rekapitulasi, Partai Politik yang mengajukan pendaftaran Bakal Calon Legislatif”, Ujar Soni.

Soni menambahkan untuk Partai Garuda yang mengajukan Berkas secara manual, itu karena di masa akhir bagi Parpol yang mengalami kendala menginput melalui Silon, maka diperbolehkan secara manual.

“Itu dimungkinkan sesuai dengan surat edaran 476, berkaitan masa akhir apabila terjadi kendala diperbolehkan  b mengajukan berkas secara manual, dengan tetap menginput secara digital”, Pungkasnya. (Red)


Comments

3 responses to “Dua Partai Tidak Ajukan Bakal Calon Legislatif di Pemilu 2024 Kabupaten Belitung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *